Wednesday, March 19, 2014

Identifikasi Masalah pada Penalitian



Judul : Rancang Bangun dan Analisa QoS Sistem Interkom Video berbasis VoIP Terintegrasi dengan Smartphone Android

Dalam kegiatan sehari-hari, orang biasanya berada di luar rumah untuk bekerja, bersekolah, atau melakukan aktivitas lain. Aktifitas yang paling sering dilakukan di dalam rumah adalah beristirahat dan tidur. Selebihnya, rumah berfungsi sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman, baik di dalam maupun di luar rumah.
Dengan begitu, ada saat dimana rumah berada pada keadaan kosong, apalagi pada saat pemilik rumah sedang pergi untuk waktu yang lama. Pada saat rumah kosong, tamu yang datang ke rumah tersebut tidak akan diketahui oleh pemilik rumah, padahal bisa jadi tamu tersebut merupakan tamu yang penting yang membawa informasi penting bagi pemilik rumah yang sedang tidak ada di rumah. Ada juga saat dimana penghuni rumah berada di rumah tetapi sedang tidak ingin menerima tamu karena sedang ingin istirahat ataupun sedang sibuk melakukan pekerjaan rumah. Ada juga isu mengenai tamu asing yang datang ke rumah, apakah penghuni rumah tersebut harus membukakan pintu atau tidak saat tamu tersebut mengetuk pintu/menekan bel.
Interkom video merupakan salah satu alat yang bisa digunakan pemilik rumah untuk mengatasi beberapa masalah tersebut. Dengan interkom video, pemilik rumah bisa mengetahui siapa yang sedang bertamu ke rumahnya. Tetapi, dengan interkom video yang ada saat ini, pemilik rumah belum bisa mengetahui siapa saja yang datang ke rumahnya pada saat pemilik rumah sedang tidak ada dirumah karena interkom video yang ada pada saat ini hanya mencakup area sekitar rumah, belum ada yang tersambung ke jaringan publik sehingga tidak bisa di-remote dari jauh.

Perumusan Masalah :
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, muncul suatu permasalahan yaitu bagaimana caranya membangun suatu sistem interkom video smarthome yang terhubung dengan jaringan internet publik dengan QoS yang memenuhi standar VoIP dan memiliki fasilitas voicemail  

No comments:

Post a Comment